3 Cara Mudah Menyembunyikan Aplikasi Di Android

Posted on

Apakah Anda yakin ingin menyembunyikan aplikasi di ponsel Android Anda saat ini? Menyembunyikan aplikasi adalah cara efektif untuk melindungi data sensitif dari orang yang tidak bertanggung jawab. Anda mungkin tidak ingin tahu aplikasi mana yang telah diinstal orang lain.

Cara menyembunyikan aplikasi di Android

Nah, jika kamu ingin tahu cara mudah menyembunyikan aplikasi di Android, simak di bawah ini ya!

1. Menggunakan fungsi ‘Multi-Pengguna’

Ini mungkin cara termudah untuk menyembunyikan aplikasi di Android beserta datanya. Cara ini pasti akan berhasil di Android atau Android murni. Namun, beberapa perangkat Android yang dimodifikasi juga dilengkapi dengan fitur ini.

Modifikasi Android adalah sistem operasi Android murni dengan beberapa modifikasi. Fungsionalitas dasar sistem operasi Android biasanya dipertahankan dengan fitur tambahan yang membedakannya dari vendor. Antarmukanya sedikit berbeda.

Nah, Anda dapat menyembunyikan aplikasi dan aplikasi yang ada dengan menggunakan akun tamu di fitur “multi-pengguna”. Saat Anda ingin meminjamkan smartphone Anda kepada orang lain, Anda hanya perlu mengaktifkan akun tamu di Multi-User.

Akun tamu membuat ponsel Anda terlihat seperti baru dan dihidupkan untuk pertama kalinya. Jadi hanya ada aplikasi asli tanpa data. Akun Anda belum masuk. Anda juga dapat memilih apakah Anda dapat melakukan panggilan ke akun teman atau tamu Anda.

Memiliki akun kedua juga akan berguna bagi mereka yang ingin meminjamkan smartphone mereka kepada orang yang sama. Orang tua yang ingin meminjamkan ponsel kepada anaknya juga bisa menggunakannya.

Cara mendapatkan fungsi ini untuk bekerja sangat mudah. Buka Pengaturan > Sistem > Opsi Lanjutan > Multi-Pengguna.

Baca Juga:

2. Menggunakan fitur sembunyikan bawaan HP

Baca Juga  Evolusi Dan Prediksi Ancaman Malware

Masih ingat dengan modifikasi Android yang kita bahas di poin sebelumnya? Ya, merchant dapat menambahkan fitur tambahan di atas platform Android.

Ada banyak vendor yang menambahkan kemampuan untuk menyembunyikan file atau aplikasi. Salah satunya adalah Samsung. Sebuah perusahaan Korea memiliki fitur yang disebut Folder Aman. Honor memiliki fitur serupa yang disebut Private Space.

Untuk mengatur aplikasi atau file mana yang dapat disembunyikan di perangkat Galaxy Anda, cukup pilih Pengaturan > Biometrik & Keamanan > Folder Aman. Anda kemudian dapat mengatur PIN, jadi setiap orang harus memasukkan kode untuk membuka kunci tempat “rahasia”.

Baca juga: 5 Cara Menghindari Windows 10 Crash atau Hanging

3. Gunakan aplikasi tambahan

Ada banyak aplikasi pihak ketiga yang dapat menyembunyikan aplikasi di Android. Ada banyak, tetapi cara mereka benar-benar bekerja sedikit berbeda.

Misalnya aplikasi Kalkulator Vault. Ini sebenarnya adalah aplikasi yang menyembunyikan aplikasi, tapi itu seperti aplikasi kalkulator. Harapannya adalah untuk mengelabui orang-orang yang membuka aplikasi ini agar mengira itu sebenarnya aplikasi kalkulator, padahal sebenarnya itu toko aplikasi.

Baca selengkapnya: Cara mudah mengunci folder di PC Windows tanpa software tambahan.

Aplikasi lain yang direkomendasikan adalah Apex Launcher. Ini sebenarnya adalah aplikasi peluncur, tetapi memiliki kemampuan untuk mengunci folder dengan kata sandi. Oleh karena itu, Anda harus menggunakan kata sandi untuk membuka folder tersebut.

Ada juga aplikasi lain yang disebut AppLock. Aplikasi ini juga mirip dengan Apex Launcher, memungkinkan Anda mengatur kata sandi saat membuka folder tertentu.

Baca selengkapnya: 3 cara untuk memulai Windows 10 lebih cepat

Nah, itu tadi sebagian dari langkah-langkah menyembunyikan aplikasi di android. Apakah ada cara lain? Yuk share lewat fungsi komentar, oke!

Baca Juga  Pengguna WhatsApp Dapat Memasang Avatar Mereka Sebagai Gambar Profil Mereka