5 Cara Meningkatkan Penjualan Bisnis Selama Ramadan Melalui WhatsApp

Posted on

Ramadhan sebentar lagi. Menjelang bulan suci ini, para pelaku bisnis mencari cara agar bisnisnya tetap berjalan lancar dan tetap berhubungan dengan pelanggannya.

Salah satu cara yang dapat dilakukan para pelaku bisnis adalah dengan menggunakan WhatsApp sebagai sarana untuk berkomunikasi dengan pelanggannya. Selain itu, aplikasi chatting ini sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia.

Dilansir dari touchnottingham.com WhatsApp juga telah membagikan sejumlah strategi yang dapat diterapkan bisnis untuk memanfaatkan platform tersebut guna meningkatkan penjualan sambil memastikan bisnis mereka berjalan lancar, terutama selama Ramadan.

Lantas strategi apa yang bisa diterapkan para pengusaha ini? Simak daftar berikut ini.

1. Bangun pengalaman perpesanan yang luar biasa untuk pelanggan Anda

Bisnis dapat menggunakan WhatsApp sebagai situs web dan konter toko virtual untuk menampilkan produk, menjawab pertanyaan pelanggan, dan meningkatkan penjualan.

Sebagai contoh, seorang pemilik bisnis dapat mengupdate informasi jam buka di profil bisnisnya di aplikasi WhatsApp Business agar konsumen mengetahui jam buka selama Ramadan.

2. Buat pelanggan Anda merasa lebih terhubung dengan bisnis/merek Anda.

Bisnis dapat membuat koneksi dengan mengirimkan pesan yang dipersonalisasi, membuat pesan lebih relevan, melibatkan pengguna tombol langsung (tanggapan cepat, menu, ajakan bertindak) dan pengiriman pesan produk ke konsumen.

Jika suatu bisnis menawarkan produk, penawaran, atau promosi khusus selama Ramadhan, bisnis tersebut dapat menyorotinya dalam katalognya sehingga pelanggan dapat dengan mudah menemukan produk yang ingin mereka beli.

3. Menarik pelanggan baru

Sedangkan untuk usaha kecil, pengusaha pasti mencari pelanggan baru. Ini memungkinkan bisnis untuk menambahkan kode QR saluran WhatsApp ke toko, situs web, kemasan produk, dan materi pemasaran mereka.

4. Meningkatkan kunjungan media sosial

Baca Juga  Tech 3: Filter Snap Camera Matikan Twitter Hingga Stabil Kembali: Unmuhkaranganyar

Bisnis juga dapat menggunakan Alat Bisnis untuk menambahkan tombol WhatsApp ke akun Facebook dan Instagram mereka, sehingga pelanggan dapat mengklik tombol tersebut dan memulai percakapan langsung dari WhatsApp Business.

5. Jaga agar bisnis Anda tetap teratur.

Terakhir, perusahaan dapat memanfaatkan koleksi katalog untuk mengelompokkan dan mengatur produk sehingga pelanggan dapat menjelajahinya dengan lebih mudah.

Pelanggan juga dapat beralih ke platform bisnis WhatsApp untuk komunikasi yang lebih efektif dalam skala yang lebih besar.

Sementara itu, WhatsApp sedang mengerjakan fitur baru untuk Android Beta. Nantinya, dengan menggunakan fitur ini, Anda bisa membisukan atau mendiamkan panggilan dari nomor tak dikenal.

Namun, fitur WhatsApp baru ini tidak menghapus informasi apa pun dari log panggilan dan pusat notifikasi Anda.

Dikutip Gizchina, Selasa 3 Juli 2023 Fitur ini merupakan fitur privasi tambahan bagi pengguna aplikasi WhatsApp. Adanya fitur ini diharapkan dapat secara signifikan mengurangi panggilan dari nomor tak dikenal sekaligus mencegah meningkatnya panggilan spam yang mengganggu.

Masalahnya, di komunitas WhatsApp, nomor telepon pembuat komunitas selalu terlihat, sehingga siapa pun di komunitas dapat menghubungi pembuat tanpa alasan yang jelas.

Ini bisa menjadi masalah serius karena memungkinkan siapa pun untuk menghubungi penulis komunitas.

Selain itu, fitur WhatsApp baru telah dikembangkan yang memungkinkan pengguna untuk memilih apakah akan membisukan panggilan dari nomor yang tidak dikenal.

Laporan WABetaInfo mengungkapkan bahwa toggle atau slider untuk fitur ini akan ditempatkan di pengaturan WhatsApp.

Panggilan spam akan selalu dinonaktifkan setelah aktivasi nanti. Namun, panggilan tersebut tetap muncul di daftar panggilan dan pusat notifikasi.