How to propagate a wandering jew? Lihat Penjelasannya Disini

Posted on

Tanaman wandering jew atau sering juga dikenal dengan nama tradescantia zebrina adalah tanaman hias populer yang dikenal dengan daun-daun berwarna ungu dan hijau dengan pola garis-garis putih.

Selain indah untuk dilihat, tanaman ini juga cukup mudah untuk ditanam dan dipelihara. Salah satu cara untuk memperbanyak tanaman ini adalah melalui proses perbanyakan. Berikut adalah panduan lengkap tentang cara menanam tanaman wandering jew. How to propagate a wandering jew?.

1. Memilih Tanaman Induk yang Sehat

Sebelum memulai proses perbanyakan, pastikan Anda memiliki tanaman induk yang sehat. Pilih tanaman yang memiliki daun-daun yang tebal, berwarna cerah, dan tanpa tanda-tanda penyakit atau hama.

2. Pemotongan Stek

Salah satu cara paling umum untuk memperbanyak tanaman wandering jew adalah dengan stek batang. Berikut langkah-langkahnya:

a. Pilih cabang yang sehat dan kuat pada tanaman induk. b. Gunakan pisau tajam dan steril untuk memotong cabang tersebut. Pastikan potongan memiliki minimal dua simpul daun. c. Setelah memotong, biarkan potongan tersebut mengering selama beberapa jam di tempat yang teduh. Ini membantu mengurangi risiko infeksi.

3. Penanaman Stek

Setelah potongan stek mengering, Anda bisa menanamnya dengan cara berikut:

a. Siapkan pot dengan media tanam yang baik, seperti campuran tanah berhumus dan pasir. b. Tanam stek dalam pot dengan kedalaman yang cukup untuk menutupi simpul daun. c. Airi tanah hingga lembab tetapi tidak tergenang.

4. Perawatan Setelah Penanaman

Setelah menanam stek, penting untuk memberikan perawatan yang tepat untuk memastikan pertumbuhan yang sehat dikutip dari mentaripos.com:

a. Letakkan pot di tempat yang mendapatkan sinar matahari yang cukup, namun hindari paparan sinar matahari langsung terlalu kuat. b. Pastikan tanah tetap lembab tetapi tidak basah berlama-lama. c. Pupuk tanaman dengan pupuk cair yang kaya akan nutrisi setiap beberapa minggu sekali untuk mendukung pertumbuhan.

Baca Juga  Diabetes: Gejala, Penyebab Dan Pengobatan

5. Alternatif Perbanyakan dengan Air

Selain menggunakan stek batang, wandering jew juga bisa diperbanyak dengan cara menanam cabangnya di dalam air. Berikut cara melakukannya:

a. Pilih cabang yang sehat dan potong dengan panjang sekitar 10-15 cm. b. Letakkan cabang tersebut di dalam wadah dengan air bersih. c. Tempatkan wadah di tempat yang mendapatkan sinar matahari tetapi hindari sinar matahari langsung. d. Ganti air secara berkala dan pastikan cabang tetap terendam.

Setelah beberapa minggu, Anda akan melihat akar mulai tumbuh dari cabang tersebut. Setelah akar cukup panjang, Anda bisa menanamnya ke dalam pot dengan media tanam.

Kesimpulan

Tanaman wandering jew adalah tanaman yang cantik dan mudah untuk diperbanyak. Dengan memilih metode perbanyakan yang tepat dan memberikan perawatan yang baik, Anda dapat dengan mudah menambah koleksi tanaman hias Anda. Ingatlah untuk selalu memantau kondisi tanaman dan memberikan perawatan yang diperlukan agar tanaman tetap sehat dan tumbuh dengan baik. Selamat mencoba dan semoga berhasil!