Jika Tidak, IPhone Dan Android Anda Bisa Menjadi Perangkat Berbahaya

Posted on

Smartphone menjadi perangkat yang berisiko jika tidak menjalankan software terbaru. Apple dan Google secara teratur merilis tambalan keamanan untuk perangkat iPhone dan Android.

Ini datang dalam bentuk pembaruan perangkat lunak untuk menambahkan lebih banyak kerentanan yang dapat dieksploitasi oleh peretas untuk menyerang perangkat Anda.

Jika Anda tidak menginstal pembaruan terbaru, Anda berisiko terkena serangan siber yang memungkinkan peretas mengambil kendali perangkat Anda.

Dikutip bptpnews.id Kamis, 1 April 2022 (1 April 2022) Mengutip The Sun, peretas dapat memperoleh akses ke rekening bank dan dana online lainnya, serta foto pribadi, video, dan informasi sensitif.

Pada saat yang sama, Apple sendiri menyediakan pembaruan iOS terbaru untuk iPhone. Saat ini versi terbaru adalah iOS 16.2 yang memberikan perlindungan terbaik.

Untuk memeriksa versi iOS di iPhone Anda, buka Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak.

Jika Anda menggunakan perangkat lunak versi lama, ikuti petunjuk di layar pada perangkat Anda untuk memperbarui. Jika seri iPhone Anda terlalu lama, Anda mungkin tidak mendapatkan pembaruan terbaru.

Kondisi ini bisa sangat berbahaya dan Anda harus segera mempertimbangkan untuk membeli perangkat baru.

Di sisi lain, ponsel Android agak rumit karena pembaruan terkini tidak diluncurkan ke semua pengguna secara bersamaan. Pembaruan terbaru tergantung pada model ponsel cerdas Anda.

Google merilis pembaruan awal Android 13 pada tahun 2022 dan sekarang tersedia secara luas. Jadi, buka Pengaturan> Tentang ponsel> versi Android dan periksa pembaruan terbaru.

Anda dapat memeriksa apakah Anda memiliki pembaruan Android terbaru di sini. Anda juga dapat memeriksa pembaruan keamanan Android terbaru.

Google merilis tambalan keamanan 05-12-2022 pada Desember 2022. Untuk memperbarui ponsel Android Anda, buka Pengaturan > Sistem > Pembaruan Sistem.

Baca Juga  Samsung Electronics Memperkenalkan Jajaran Produk Baru Yang Didedikasikan Untuk Lemari Es Menjelang CES 2023

Tahun baru dan awal bulan selalu menjadi waktu dimana vendor smartphone merilis update, yaitu update software untuk perangkatnya. Dalam hal pembaruan perangkat lunak, Google biasanya menjadi yang terdepan dalam selalu memberikan pembaruan dengan perangkat Pixel mereka.

Pemilik ponsel cerdas sangat menantikan pembaruan perangkat lunak karena mereka menambal kerentanan dan memberikan perbaikan bug.

Selain Google dengan Pixel, Samsung mencoba mengalahkan raksasa internet. Misalnya, seri Galaxy S22 mendapatkan pembaruan Android hingga 4 tahun berturut-turut. Jadi pengguna Galaxy S22 dapat memperbarui perangkat lunak mereka hingga Android 16.

Di sisi lain, Pixel 6 Pro yang dirilis pada tahun yang sama dengan Galaxy S22 hanya mendapatkan pembaruan Android selama tiga tahun hingga Android 15.

Meskipun demikian, komitmen Samsung untuk menyediakan pembaruan peranti lunak pada jajaran smartphone-nya patut diapresiasi. Di awal tahun 2023, ponsel Android Samsung menjadi yang pertama menerima pembaruan perangkat lunak keamanan.

Bukan untuk seri Galaxy Z Flip 4, Fold 4 atau Galaxy S22, Samsung telah merilis pembaruan perangkat lunak keamanan untuk model smartphone lama, seri Galaxy Note 10.

Menurut Phone Arena pada 1 April 2023 (Rabu), menurut Sammobile, Galaxy Note 10 dan Galaxy Note 10 Plus, yang pertama kali dirilis pada 2019, adalah ponsel pertama yang menerima pembaruan perangkat lunak keamanan pada 2023.

Galaxy Note 10 mendapatkan pembaruan firmware N970FXXs8HVL3, tetapi pembaruan saat ini terbatas pada yang ada di Swiss.

Sementara itu, pengguna seri Galaxy Note 10 di negara lain di Eropa akan mendapatkan update ini secara rutin. Beberapa orang mungkin mendapatkan pembaruan perangkat lunak pada akhir Januari atau setelahnya.

Berbicara tentang pembaruan itu sendiri, versi yang diperbarui di atas akan melalui patch keamanan dan perbaikan bug pada Galaxy Note 10 dan Note 10 Plus.

Baca Juga  4 Fitur IPhone 14 Pro Ini Bisa Bikin Hp Android Kamu Gelisah

Sayangnya, ada beberapa hal yang sangat membingungkan. Itu karena Galaxy Note 10 Light Series yang dirilis pada Januari 2020, 5 bulan setelah rilis Galaxy Note 10 dan Note 10 Plus, juga ada di Samsung Electronics. Galaxy Note 10 Lite hadir dengan Android 10 terinstal.

Samsung menyediakan pembaruan Android hingga 3 tahun, sehingga Galaxy Note 10 Lite akan diperbarui ke Android 13.

Sedangkan Galaxy Note 10 dan Note 10 Plus yang dirilis dengan Android 9 hanya mendapatkan pembaruan hingga Android 12.