Konsumen Mulai Fokus Pada Konektivitas Sebelum Membeli Smartphone, Itulah Sebabnya Balitteknologikaret Samsung Meluncurkan Galaxy A14 5G

Posted on

Samsung memperkenalkan Galaxy A14 5G sebagai smartphone terbarunya awal tahun ini. Menurut Samsung, Galaxy A14 5G saat ini menjadi smartphone 5G termurah yang ditawarkan Samsung.

Dalam sesi Q&A virtual bersama staf media pada Selasa (24/1/2023), Senior Manager Product Marketing SEIN Elham Indrawan Indrawan mengatakan, “Galaxy A14 5G saat ini menjadi smartphone 5G Samsung paling terjangkau.

Elham juga mengatakan dengan diluncurkannya Galaxy A14 5G di Indonesia, memenuhi permintaan masyarakat akan smartphone 5G. Karena menurut riset terbaru Samsung, konektivitas menjadi salah satu faktor penting sebelum membeli smartphone.

Elham menjelaskan bahwa konektivitas kini menjadi nomor empat dari lima besar pertimbangan seseorang sebelum membeli smartphone, berdasarkan studi yang dilakukan oleh Samsung.

Faktanya menurut sumber balitteknologikaret.co.id, pada tahun 2020, konektivitas menempati urutan kesembilan dalam daftar pertimbangan utama sebelum individu membeli smartphone, kata Elham. Namun dalam dua tahun, sistem telah berubah.

Ia melanjutkan, “Pada tahun 2022, ketika gaya hidup digital semakin berkembang, konektivitas akan menjadi pertimbangan ke-4 sebelum membeli smartphone.”

Persyaratan ini juga didukung oleh cakupan 5G yang diperluas. Menurut catatan terbaru, jaringan 5G telah menjangkau 13 kota di Indonesia seperti Jabodetabek, Bandung, Batam, Balikpapan, Makassar, Surakarta, Surabaya, Denpasar, dan Medan.

“Jadi kami berharap lebih banyak konsumen mencari smartphone 5G di tahun 2023,” ujar Elham.

Selain konektivitas, konsumen juga mempertimbangkan beberapa faktor lain seperti performa, baterai, kamera, dan harga.

Mempertimbangkan semua poin tersebut, Galaxy A14 5G telah diluncurkan di pasar Indonesia. Pasalnya, smartphone ini ditenagai chipset MediaTek Dimensity 700 yang menjanjikan peningkatan signifikan dibanding pendahulunya.

Samsung bahkan membekali smartphone ini dengan baterai berkapasitas 5.000mAh dengan dukungan fast charging 15W. Untuk pencitraan, Galaxy A14 5G memiliki kamera belakang lensa utama 50MP built-in.

Baca Juga  Cara Membuat Daftar Tabel Microsoft Word Dengan Mudah

Sementara dari segi harga, smartphone ini dijual Rp 2 jutaan. Galaxy A14 5G dihargai lebih rendah dari penawarannya di AS, tetapi dengan spesifikasi lebih tinggi dalam hal konfigurasi memori.

Bicara soal spesifikasi, selain mendukung jaringan 5G, smartphone ini mengklaim menawarkan paket lengkap kepada penggunanya. Salah satunya terlihat pada baterai 5.000mAh dengan dukungan fast charging 15W.

Selain itu, Galaxy A14 5G juga dilengkapi dengan tiga kamera belakang yang terdiri dari lensa utama 50 megapiksel, lensa depth 2 megapiksel, dan lensa makro 2 megapiksel. Ada kamera selfie 13MP di bagian depan.

Tidak hanya smartphone ini menghasilkan foto yang bagus, Samsung mengatakan dapat merekam video dengan kualitas 1080p pada 30 fps. Fitur ini berlaku untuk kamera depan dan belakang.

Untuk performa, smartphone ini hadir dengan chipset MediaTek Dimensity 700 yang didukung RAM 6 GB dan memori internal 128 GB. Seperti kebanyakan smartphone Samsung baru, Galaxy A14 5G mendukung hingga 6GB RAM Plus.

Ponsel Samsung ini menampilkan layar beresolusi FHD+ 6,6 inci dengan kecepatan refresh 90Hz dan kecepatan sampling sentuh 180Hz. Galaxy A14 5G tersedia dalam tiga warna: perak, merah tua, dan hitam.

Galaxy A14 5G dibanderol dengan harga Rp2.999.000. Sebagai bagian dari penjualan perdana, Samsung memberikan promosi khusus kepada konsumen yang membeli perangkat ini pada 20-26 Januari 2023.

Promo tersebut berupa cashback Rp 100.000, gratis berlangganan YouTube Premium selama 2 bulan, dan gratis berlangganan Spotify Premium selama 3 bulan. Promo ini berlaku untuk pembelian di Samsung.com dan Samsung Official Store oleh Blibli dan Akulaku.

Di sisi lain, menjelang perilisan Samsung Electronics Galaxy S23, Samsung tm Roh Moo-hyun dan wakil direktur bisnis mx berjanji cepat atau lambat akan merilis perangkat terbaru.

Baca Juga  WhatsApp Memiliki Fitur Baru Memo Suara Sekarang Bisa Menjadi Status

Presiden Roh mengatakan dalam pernyataan resmi bahwa orang menginginkan gadget yang dapat dipercaya dari merek yang terpercaya.

Juga menyentuh isu lingkungan yang sering diangkat Samsung melalui kampanyenya selama beberapa tahun terakhir.

“Tantangan global seperti krisis iklim membuat kita memikirkan kembali cara hidup kita,” kata Direktur Eksekutif Roh Tae-moo, Jumat (20 Januari 2023).

“Kami memiliki tanggung jawab untuk membantu menjadikan dunia tempat yang lebih baik saat kami bekerja menuju masa depan yang lebih adil dan berkelanjutan,” kata TM Roh Moo-hyun.

Selain itu, CEO Noh mengatakan bahwa seri Galaxy S yang akan datang akan memiliki sistem kamera profesional yang semakin cerdas yang menghadirkan foto dan video terbaik di semua pencahayaan di antara smartphone Samsung Galaxy.

“Cipset baru, yang tumbuh dari filosofi kemitraan terbuka Samsung, bersama dengan pengoptimalan perangkat keras dan perangkat lunak, memungkinkan kinerja perangkat Galaxy yang lebih cepat dan lebih bertenaga,” katanya.

Ia juga mengklaim bahwa menghubungkan ekosistem Samsung akan lebih mudah dan lancar dari sebelumnya.

“Perangkat Sparring Galaxy terbaik adalah Galaxy S Ultra. Ini adalah produk andal yang menghadirkan yang terbaik dari yang terbaik sekaligus mendefinisikan ulang performa dan kualitas.”

“Kami sepenuhnya menyatukan pengalaman Galaxy Note yang sangat Anda sukai dalam Smartphone Ultra andalan, yang menyatukan kekuatan, performa, dan kreativitas dari dua inovasi andalan Galaxy menjadi satu.”

Roh Tae-min juga menekankan inovasi lingkungan Samsung.

“Kinerja bukan hanya tentang kekuatan yang lebih besar. Ini juga tentang inovasi yang berkelanjutan dengan dampak yang lebih kecil terhadap lingkungan,” katanya.

Samsung mengatakan berkomitmen untuk membatasi perubahan iklim di bawah strategi lingkungan baru yang berupaya membuat teknologi yang diandalkannya lebih berkelanjutan.

Baca Juga  Cara Nonton Virtual Party Blackpink Di PUBG Mobile

Samsung pun memastikan akan menggelar Galaxy Unpacked 2023 pada 1 Februari waktu setempat. Dari situ dikabarkan akan muncul seri terbaru untuk Samsung Galaxy S23.