Sekarang Cari Game Bahasa Indonesia Di Steam Jadi Lebih Mudah

Posted on

Steam merilis update atau pembaruan untuk preferensi bahasa baru bersama dengan bahasa Indonesia sebagai salah satu bahasa yang didukung, sehingga memudahkan pemain untuk menemukan game dalam bahasa pilihan mereka.

Selain bahasa Indonesia, ini berisi “Slovakia, Melayu, Arab, Ibrani, Serbia, Hindi, dan bahasa lain yang saat ini didukung oleh Windows”.

Menyetel preferensi bahasa Anda untuk Steam di halaman Komunitas Steam yang dikutip pada hari Senin, 7 November 2022 akan memengaruhi konten bahasa yang ditampilkan dan meningkatkan peluang Anda untuk ditampilkan dalam fungsi pencarian melalui Steam Store.

Pilihan bahasa Anda juga akan lebih menonjol di halaman pencarian dan di toko game.

Steam juga menyatakan bahwa pengguna memiliki bahasa utama (primary language) dan dapat menambahkan bahasa sekunder (secondary language).

Bahasa default menentukan bahasa yang ditampilkan di antarmuka pengguna Steam, bersama dengan konten komunitas dan seluruh toko seperti deskripsi game dan konten yang dibuat pengguna.

Bahasa sekunder kemudian dapat digunakan untuk menampilkan konten dalam bahasa tertentu, seperti deskripsi halaman toko dan ulasan pengguna, jika tidak tersedia dalam bahasa utama.

Preferensi bahasa Anda juga memengaruhi informasi yang Anda lihat sekilas di halaman toko game Anda dan berbagai opsi filter melalui Steam.

Untuk halaman Play Store, jika game Anda mendukung bahasa yang Anda pilih, bahasa yang Anda pilih akan otomatis muncul di halaman Play Store terlebih dahulu.

Anda juga akan diberi tahu jika pengguna melihat game yang tidak mendukung salah satu bahasa pilihan mereka. Bahasa yang dipilih kemudian akan muncul terlebih dahulu sebagai opsi untuk digunakan di filter Steam.

Ini berarti pengguna dapat dengan cepat memilih satu atau lebih bahasa untuk menemukan game yang tersedia dalam bahasa tersebut jika mereka mau.

Baca Juga  Bagaimana Samsung Membuat Ponsel Layar Lipat Mainstream

Misalnya, untuk mencari daftar game yang mendukung bahasa Indonesia, Anda bisa masuk ke filter Narrow by Language dan pilih bahasa Indonesia. Nantinya akan muncul game-game yang mendukung subtitle bahasa Indonesia di sana.

Seperti yang kami simak dari bkpsdmd-meranginkab.id Steam menambahkan bahwa beberapa minggu sebelum pengumumannya, itu memungkinkan pengembang untuk menandai game dalam berbagai bahasa baru.

“Sejak itu, kami telah melihat lebih dari 500 game menambahkan tanda-tanda dukungan untuk salah satu bahasa baru ini, “kata mereka.

Steam berkata, “Tentu saja, ini baru permulaan, karena semakin banyak pengembang yang menggunakan alat baru ini untuk menunjukkan dukungan yang sudah tersedia di gim mereka, dan untuk menunjukkan dukungan saat gim baru dirilis.”

Sebelumnya, Valve meluncurkan sistem baru untuk merekomendasikan harga regional untuk platform toko game Steam. Namun, ini berpotensi menaikkan harga game di beberapa negara.

Alat penetapan harga baru ini merekomendasikan penetapan harga dalam 39 mata uang yang didukung oleh Steam untuk menyederhanakan proses pengembang.

“Kami pikir ini adalah panduan yang berguna, tetapi karena daya beli dan nilai tukar terus tumbuh, perubahan signifikan diperlukan untuk menjaga rekomendasi transisi ini tetap mutakhir,” kata Valve.

Seperti yang dilaporkan Eurogamer pada hari Senin (31 Oktober 2022), Valve mengatakan dalam sebuah pernyataan: “Kami juga berkomitmen untuk menjaga nilai panduan ini dengan menetapkan tingkat ulasan harga yang lebih teratur.” katanya.

Namun, menurut SteamDB, beberapa harga penawaran baru melalui unggahan Twitter adalah harga yang direkomendasikan jauh lebih tinggi dari sebelumnya.

Indonesia juga disarankan untuk menaikkan harga game hingga 80%. Sementara itu, ringgit Malaysia disarankan naik hingga 40% dan peso Thailand naik 57%.

Baca Juga  4 Fitur IPhone 14 Pro Ini Bisa Bikin Hp Android Kamu Gelisah

Disarankan juga untuk menaikkannya menjadi 97% untuk tenge Kazakh, 85% untuk rupee India, dan 75% untuk rubel Rusia.

Namun, mengutip informasi lebih lanjut dari halaman SteamDB, peningkatan yang ditunjukkan di atas hanya untuk game dengan harga $59,99. Game pada titik harga yang berbeda memiliki rekomendasi harga yang berbeda.

Di kelompok harga terendah $0,99, rekomendasikan game menggunakan IDR pada harga sebelumnya IDR8.499, naik 14% menjadi IDR9.699.

Pengembang game bebas menentukan harga produk mereka di Steam. Namun, alat rekomendasi baru ini dapat berdampak signifikan pada penetapan harga global.

Valve juga mencatat bahwa harga ditentukan oleh indikator seperti paritas daya beli dan indeks harga konsumen, terlepas dari nilai tukar.

Perusahaan juga telah mengkonfirmasi bahwa mereka akan memperbarui harga game agar sesuai dengan rekomendasi baru.

(duo/ysl)